Alasan Pentingnya Sistem Informasi Manajemen (SIM)


Dengan semakin majunya perkembangan zaman sekarang, mengharuskan kita selalu updeat informasi secara cepat dan tepat, serta dapat mengikuti perkembangan zaman (agar tidak tertinggal) terutama untuk suatu organisasi atau perusahaan. Untuk lebih mudah mengikuti perkembangan zaman dan dapat bertahan di era yang sangat maju ini, maka kita perlu mempelajari Sistem Informasi Manajemen (SIM), sehingga kita dapat mengelola informasi yang didapat dengan baik dan tepat.
Apa sih Sistem Informasi Manajemen (SIM) itu? SIM adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. Sistem informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa karena SIM digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi. Secara akademis, istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang bertalian dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusan, sistem pakar, dan sistem informasi eksekutif. Informasi yang diberikan oleh SIM menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya dilihat dari apa yang telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi, dan apa yang kemungkinan akan terjadi di masa depan.

Manfaat dari mempelajari sistem informasi manajemen, antara lain:
      v   Dapat mengetahui berbagai macam informasi dengan lebih cepat dan akurat.
v  Menambah pengetahuan kita terkait dengan teknologi informasi saat ini.
v  Memudahkan dalam pengambilan keputusan manajemen perusahaan
v  Dapat mengembangkan strategi perusahaan dalam bersaing dengan perusahaan lain
v Memudahkan adanya transaksi antara perusahaan dengan pemasoknya.

  Dilihat dari manfaat di atas, sistem informasi manajemen sangatlah penting bagi suatu organisasi atau perusahaan, agar lebih memudahkan suatu perusahaan mengambil keputusan yang tepat dan akurat, yang akhirnya dapat mengurangi risiko yang mungkin akan didapatkan perusahaan tersebut. Serta dapat meningkatkan produktivitas suatu perusahaan dan membuat perusahaan tersebut terus berkembang tanpa tertinggal informasi, sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumennya. Dan memudahkan perusahaan tersebut bersaing dengan perusahaan lain.

Sekian artikel dari saya, semoga dapat memberikan manfaat kepada pembaca...

Komentar

  1. The Poker Room at the Poker Room at the Poker Room at the Poker Room at
    The Poker Room at the Poker Room 영주 출장마사지 at the Poker Room at the Poker Room at the Poker Room at the Poker Room 진주 출장마사지 at 정읍 출장샵 the Poker Room at 남원 출장샵 the Poker Room at the 충청북도 출장안마 Poker

    BalasHapus

Posting Komentar