MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENJALANKAN PERDAGANGAN ELEKTRONIK (E-COMMERCE)



TUGAS MAKALAH

“MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENJALANKAN
                       
PERDAGANGAN ELEKTRONIK (E-COMMERCE)”

Mata Kuliah
Sistem Informasi Manajemen (CEKM-134)

Dosen
Ahmad Rifani, SE, MM

Disusun oleh:
Nanda Noorhidayah                           (C1B115067)
Nuur Hafidzatus Saadah                    (C1B115074)
Risnawati                                           (C1B115031)
Siti Syahrida Hasanah                        (C1B115032)
Widia Astuti                                       (C1B115081)


JURUSAN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
BANJARMASIN
2018



Tujuan Pembelajaran :
Ø  Mengetahui arti penting dan keuntungan dari perdagangan elektronik.
Ø  Memahami bagaimana perdagangan elektronik saat ini sedang menyatu dengan proses bisnis sehari-hari.
Ø  Memahami perbedaan antara perdagangan elektronik bisnis-ke-bisnis (business-to-business) dan perdagangan elektronik bisnis-ke-konsumen (business-to-consumer).
Ø  Mengenal contoh-contoh perdagangan elektronik bisnis-ke-bisnis dan perdagangan elektronik bisnis-ke-konsumen yang baik.
Ø  Mengetahui peranan yang dimainkan oleh sistem interorganisasional, Internet, World Wide Web dalam perdagangan elektronik.
Ø  Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan sistem interorganisasional.
Ø  Mengetahui adanya perpindahan dari pertukaran data elektronik (electronic data interchange) ke berbagai praktik pertukaran data standar Web.
Ø  Mengerti mengapa banyak perusahaan memilih untuk memiliki toko maya (virtual) maupun toko fisik.

PERDAGANGAN ELEKTRONIK
Pengertian Perdagangan Elektronik
            Perdagangan elektronik, yang disebut juga e-commerce adalah penggunaan jaringan komunikasi dan komputer untuk melaksanakan proses bisnis. Beberapa orang mendefinisikan perdagangan elektronik dengan sangat sempit, yang hanya meliputi transaksi-transaksi bisnis yang berhubungan dengan pelanggan dan pemasok, yang menghubungkan komputer mereka masing-masing melalui internet.Definisi yang sempit seperti ini mengartikan bahwa hanya transaksi-transaksi yang melintasi batas perusahaan saja yang dapat diklasifikasikan sebagai e-commerce. Jika suatu transaksi tetap berada di dalam batas perusahaan, orang-orang ini akan menyebutnya sebagai transaksi bisnis elektronik.
            Pandangan luas e-commerce yaitu, bahwa dapat memfasilitasi operasi internal maupun eksternal perusahaan. Dengan pandangan ini, istilah bisnis elektronik  dan perdagangan elektronik akan sama. Banyak operasi perusahaan adalah internal, dilaksanakan di dalam batas perusahaan oleh bidang bisnis keuangan, sumber daya manusia, layanan informasi, produksi, pemasaran, dan lain-lain. Dalam definisi luas ini, suatu transaksi bisnis yang menggunakan akses jaringan, sistem berbasik komputer dan antarmuka (interface) sebuah browser Web akan memenuhi persyaratan sebagai perdagangan elektronik (e-commerce).

Perbedaan antara E-commerce bisnis-ke-konsumen dan E-commerce bisnis-ke-bisnis
            E-commerce bisnis-ke-konsumen (business-to-consumer-B2C) mengacu pada transaksi–transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dan konsumen akhir produk.Sedangkan e-commerce bisnis-ke-bisnis (business-to-business-B2B) mengacu pada transaksi antarbisnis di mana tidak ada pihak yang menjadi konsumen akhir.
            Transaksi B2B melibatkan jumlah orang yang relative sedikit, biasanya mereka yang berada di dalam kelompok layanan informasi dari perusahaan yang terpengaruh. Orang-orang yang terlibat dalam transaksi B2B biasanya sangat terlatih dalam penggunaan sistem informasi dan mengenal proses bisnis yang terpengaruh oleh transaksi tersebut. Karena transaksi terjadi antarbisnis, jumlah transaksi B2B dapat relatif  kecil tetapi dengan nilai yang cukup tinggi.
            Transaksi B2C membutuhkan perbedaan desain yang mendasar.Konsumen mungkin tidak memiliki keahlian dalam bidang teknologi informasi, sehingga situs Web harus memberikan intruksi dan bantuan.Jika konsumen berkomunikasi dengan bisnis melalui koneksi telepon yang lambat, jumlah gambar yang ditampilkan mungkin perlu dikurangi. Cara pembayaran perlu dibuat dalam sistem B2C (sistem B2B  pada umumnya mendapatkan informasi pembayaran dalam sistem yang terpisah dari sistem perdagangan elektronik).
            Layanan informasi memainkan peran penting dalam mengubah hubungan perusahaan dengan lingkungannya. Dimasa lalu, konsumen bukan merupakan perhatian utama dari layanan informasi, namun konsumen menjadi semakin penting artinya dan akan menjadi fokus utama bagi sebagian besar perusahaan di masa mendatang. Seluruh antarmuka transaksi dari konsumen hingga pemsok, pemerintah dan pihak lainnya terkena dampak dari diterimanya e-commerce secara luas.

Manfaat-manfaat yang Diharapkan dari E-Commerce
            Perusahaan melaksanakan e-commerce untuk dapat mencapai perbaikan organisasi secara keseluruhan. Perbaikan-perbaikan ini diharapkan merupakan hasil dari tiga manfaat utama :
·         Perbaikan layanan pelanggan sebelum, selama, dan setelah penjualan
·         Perbaikan hubungan dengan pemasok dan komunitas keuangan
·         Peningkatan imbal hasil ekonomis atas pemegang saham dan investasi pemilik.
Manfaat-manfaat diatas akan memberikan kontribusi pada stsbilitas keuangan perusahaan dan memungkinkannya bersaing dengan lebih baik di dalam dunia bisnis yang semakin luas menerapkan teknologi komputer.
Kendala-kendala E-Commerce
            Ketika ditanyakan mengenai alasan dari kehati-hatiannya, perusahaan menyebutkan tiga kendala dengan urutan sebagai berikut :
·         Biaya yang tinggi
·         Kekhawatiran akan masalah keamanan
·         Peranti lunak yang belum mapan atau belum tersedia.
Masing-masing kendala di atas akan semakin tertantang seiring dengan semakin populernya teknologi dan sistem informasi dan biaya sumber daya komputasi pada akhirnya akan menurun.
Ruang Lingkup E-Commerce
            E-commerce bersifat dinamis dan ruang lingkup pengaruhnya dapat berubah dalam waktu hanya beberapa bulan.E-commerce emiliki arti penting khususnya bagi beberapa segmen tertentu.
            Tabel di bawah ini menunjukkan beberapa contoh yang menyoroti dampak e-commerce  dalam bidang-bidang tertentu.
SEGMEN INDUSTRI
%  E-COMMERCE DARI TOTAL PENJUALAN
2000
2003
Produksi Pakaian
20%
24%
Produksi Peralatan Transportasi
46%
50%
Distributor Kendaraan Bermotor
20%
25%
Distributor Obat-obatan
40%
49%
Ritel Perjalanan dan Reservasi
24%
25%
            Sumber :Biro Sensus AS (WWW.CENSUS.GOV)
Jalan Menuju E-Commerce
            Rencana bisnis strategis akan membakukan komitmen untuk menggunakan e-commerce guna meraih keunggulan kompetitif. Perusahaan pertama-tama harus memperoleh kecerdasan bisnis (business intelligence) sehingga perusahaan tersebut akan dapat memahami peranan potensial yang akan dimainkan oleh masing-masing unsure lingkungan.

INTELIGENSI BISNIS (BUSINESS INTELLIGENCE)
            Melaksanakan e-commerce bukanlah suatu keputusan yang diambil tanpa pertama-tama meraih pengetahuan terlebih dahulu tentang perusahaan dan hubungannya dengan para pelanggan, pesaing, pemasok, dan pihak-pihak eksternal lainnya.Inteligensi bisnis (business intelligence-BI) adalah aktivitas pengumpulan informasi mengenai unsur-unsur di dalam lingkungan yang berinteraksi dengan perusahaan.
Basis Data Eksternal
            Perusahaan tidak harus mengumpulkan informasi lingkungannya sendiri.Tersedia sejumlah basis data komersial penting yang memberikan informasi mengenai hampir semua subjek. Perusahaan menggunakan berbagai basis data untuk mendapatkan kecerdasan bisnis karena ia lebih cepat dan lebih murah daripada meneliti beragam jenis sumber informasi.
Perusahaan menjadi semakin condong untuk melakukan pencarian eksternal sendiri untuk kecerdasan pasar.Pencarian eksternal telah dibantu oleh adanya fakta bahwa semakin banyak perusahaan memberikan informasinya sendiri di Web. Mesin-mesin pencari adalah cara yang paling popular bagi seseorang untuk mendapatkan informasi yang tersedia di Web.

Mesin Pencari
Mesin pencari (search engine) adalah suatu program computer khusus yang menanyakan satu/sekelompok kata kepada pengguna untuk dicari.Program ini kemudian mencari isi situs-situs Web di Internet untuk melihat apakah kata-kata tersebut terdapat di situs Web.
Konsumen yang tertarik dengan e-commerce B2C sering kali memulai transaksi mereka dengan menggunakan mesin pencari untuk menemukan calon vendor (penjual).
Contoh situs-situs mesin pencari yaitu diantaranya, Yahoo! (WWW.YAHOO.COM), Excite (WWW.EXCITE.COM), Google (WWW.GOOGLE.COM).
Langkah pertama menuju pencapaian e-commerce adalah mendapatkan pemahaman mengenai lingkungan dimana perdagangan akan dilaksanakan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara nonkomputer seperti survei, pengamatan, percakapan informal, dan sebagainya. Namun, basis data computer menjadikan pemindahan informasi dalam jumlah besar akan mungkin dilakukan dengan cepat, mudah dan menyeluruh.

STRATEGI E-COMMERCE DAN SISTEM INTERORGANISASIONAL
Sistem interorganisasional (interoganizational system-IOS) adalah strategi dimana unsur-unsur yang ada dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Istilah yang sering digunakan untuk IOS adalah EDI yaitu electronic data interchange (pertukaran data elektronik). EDI dianggap sebagai subkumpulan dari suatu sistem interorganisasional.

SISTEM INTERORGANISASIONAL
E-commerce merupakan suatu hal yang fundamental bagi sistem interorganisasional. Pertukaran sejumlah besar data secara cepat dana man merupakan hal yang kritis untuk mendukung transaksi-transaksi organisasi yang menggunakan teknologi informasi untuk bersaing. Tanpa jaringan komunikasi dan kemampuan pemrosesan computer, organisasi akan menjadi sebuah pulau produksi maya, dengan sedikit kemampuan yang digunakan untuk jasa dan produk yang menciptakan vitalitasnya. E-commerce dan EDI adalah jalan bebas hambatan bagi sistem interorganisasional.

Manfaat IOS
Sekutu dagang dapat memasuki suatu kerja IOS dengan harapan akan dapat merealisasikan dua manfaat penting: efisiensi komparatif dan kekuatan penawaran.
EFISIENSI KOMPARATIF    Dengan bergabung dalam IOS, para sekutu dagang dapat memproduksi barang dan jasa dengan tingkat efisiensi yang lebih tinggi dan, selanjutnya memberikan barang dan jasa dengan biaya yang lebih rendah kepada para pelanggannya.Hal ini memberikan sekutu di dalam IOS keunggulan harga di atas para pesaingnya.
·         Efisiensi internal terdiri atas perbaikan dalam operasi-operasi perusahaan itu sendiri, sehingga memungkinkan perusahaan mengumpulkan dan menganalisis data dengan cepat dan mengambil keputusan dengan cara yang lebih cepat lagi.
·         Efisiensi interorganisasional meliputi perbaikan-perbaikan yang diperoleh melalui kerja sama dengan perusahaan-perusahaan lain. Perbaikan ini memungkinkan perusahaan menawarkan lebih banyak produk dan jasa, melayani lebih banyak pelanggan, memindahkan pekerjaan-pekerjaan tertentu kepada pemasok dan pelanggan, dan mengumpulkan data lingkungan dengan lebih mudah.
KEKUATAN PENAWARAN  Kemampuan sebuah perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan para pemasok dan pelanggannya demi keuntungan perusahaan itu sendiri disebut kekuatan penawaran (bargaining power). Kekuatan ini berdasarkan tiga area dasar :
·         Fitur-fitur produk yang unik.
·         Menurunkan biaya-biaya yang berhubungan dengan penelitian.
·         Mengingkatkan biaya perpindahan.

EDI
EDI terdiri atas transmisi data langsung computer-ke-komputer dalam suatu format struktur yang dapat dibaca oleh mesin.EDI adalah implementasi dominan dari suatu IOS.Lebih dari dua pertiga e-commerce dilaksanakan dengan menggunakan EDI jika dibandingkan dengan alternatif-alternatif IOS lainnya.

Ekstranet
Ekstranet (extranets)adalah cara lain dari membuat IOS. Cara ini memungkinkan dibaginya informasi berbasis computer yang sensitive dengan perusahaan lain dengan menggunakan teknologi informasi yang pada umumnya dihubungkan dengan internet.
Ekstranet memungkinkan jenis pertukaran data yang sama dengan EDI namun juga menerapkan protocol-protokol umumdan jaringan komunikasi internet sehingga perusahaan tidak perlu menggunakan peranti lunak dan peranti keras komunikasi yang lebih mahal yang terkait dengan EDI.

Sekutu-sekutu Bisnis Proaktif dan Reaktif
Ketika sebuah perusahaan memutuskan untuk menerapkan IOS, perusahaan tersebut dapat melakukannya dalam cara proaktif atau reaktif. Sponsor IOS pada umumnya mengambil pendekatan proaktif, merangsang minat akan IOS dan mendorong partisipasi di dalam jaringan. Para partisipan pada umumnya merespons dengan cara yang reaktif, menerima atau menoak penawaran sponsor untuk menerapkan IOS.

Pengaruh Penerapan
Empat factor yang menentukan apakah perusahaan akan mengambil langkah proaktif atau reaktif, yaitu :
·         Tekanan kompetitif. Ketika suatu perusahaan berada dalam suatu posisi yang buruk terhadap para pesaingnya, perusahaan akan menerapkan IOS, seperti EDI, dengan cara yang reaktif.
·         Penggunaan kekuasaan. Ketika sebuah perusahaan dapat memaksakan kekuasaanya atas anggota yang lain, ia akan proaktif dalam menerapkan IOS.
·         Kebutuhan internal. Keika perusahaan sadar bahwa partisipasi dalam IOS merupakan salah satu cara untuk meningkatkan operasinya, perusahaan tersebut akan melakukan pendekatan atas IOS dengan cara yang proaktif.
·         Dukungan manajemen puncak. Tanpa meihat apakah perusahaan bertindak dengan cara yang proaktif atau reaktif, dukungan manajemen puncak selalu akan memengaruhi keputusan. Ketika manfaat-manfaat yang signifikan dari IOS mengambil bentuk yang tidak berwujud, dukungan manajemen puncak menjadi suatu hal yang sangat penting.

Manfaat-manfaat Tidak Langsung IOS
Manfaat-manfaat langsung dan tidak langsung IOS.
·      Mengurangi kesalahan. Dengan tidak adanya keharusan untuk memasukkan data yang masuk ke dalam system, kesalahan entri data dapat dikurangi. Sebuah studi oleh EDI Group Ltd. menemukan bahwa tingkat kesalahan dapat diturunkan dari 10 persen data yang dimasukkan tanpa menggunakan EDI hingga 5 persen dengan menggunakan EDI.
·      Menurunkan biaya. Penurunan biaya dapat direalisasikan dengan menghilangkan pekerjaan-pekerjaan yang berulang, menghilangkan dokumen kertas, dan mengurangi pekerjaan manual penyebaran dokumen kertas di dalam organisasi. Biaya ekstranet jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan EDI, oleh karenanya, pengurangan biaya transaksi yang dihasilkannya bahkan menjadi lebih besar lagi.
·      Meningkatnya efisiensi operasional. Manfaat IOS bagi efisiensi internal dan interorganisasional sebagian besar dimungkinkan oleh EDI dan ekstranet. Dengan mengganti dokumen kertas pada masing-masing aliran dengan dokumen elektronik, memungkinkan terciptanya banyak kesempatan untuk meningkatkan efisiensi.
·      Meningkatnya kemampuan untuk bersaing. Kombinasi antara turunnya biaya dan fitur-fitur produk yang unik yang dimungkinkan oleh IOS, menjadikan para pesaing makin sulit untuk menyamai produk-produk perusahaan dalam hal biaya dan jasa yang ditawarkan.
·      Memperbaiki hubungan dengan sekutu dagang. Melalui penggabungan dalam suatu system formal dengan sekutu dagang, maka secara alamiah akan timbul hubungan yang baik sebagai -  suatu produk sampingan dari aktivitas bisnis. Semua partisipan akan sadar bahwa mereka bekerja untuk mencapai tujuan yang sama dan memperoleh keuntungan bersama.
·      Memperbaiki layanan pelanggan. Kecepatan komunikasi elektronik memungkinkan perusahaan memberikan respons lebih cepat untuk pesanan dan permintaan jasa pelanggan. Ketika digabungkan dengan berkurangnya tingkat kesalahan dan kemudahan bagi pelanggan dalam berbelanja produk, hasilnya adalah membaiknya layanan pelanggan.

STRATEGI B2C UNTUK E-COMMERCE
Produk-produk Digital
Satu perbedaan utama antara pembelian produk-produk digital dengan produk-produk fisik melalui web adalah bahwa produk digital dapat digunakan begitu selesai di download. Perbedaan lainnya adalah bahwa produk itu sendiri akan berpindah ke asset pembelinya. Sebagai contoh, music yang anda download harus di tempatkan dalam satu file atau pada satu compact disk (CD) atau media penyimpanan lainnya.Pelanggan, bukannya penjual, membayar media tersebut. Anda tidak akan mengira harus membawa CD kosong ke sebuah toko music ketika anda membeli sebuah album, tetapi anda akan membutuhkan CD kosong jika anda ingin memainkan music yang anda beli melalui internet di audio mobil anda. Pembeli produk digital menanggung biaya transaksi yang substansial dilihat dari segi biaya computer, biaya koneksi online, media penyimpanan, dan seterusnya.
Produk-produk Fisik
Barang-barang fisik tidak dapat dikonsumsi melalui web; sebagai gantinya, harus dikirimkan ke pelanggan.Perusahaan-perusahaan yang disebut perusahaan “katalog” telah menghadapi masalah ini selama bertahun-tahun.Pesanan penjualan dapat diambil alih oleh web, tapi pengiriman harus tetap dilakukan.
Sebagian besar perusahaan jasa pengiriman popular menawarkan jasa yang melengkapi aktivitas B2C sebuah perusahaan. Satu nomor pengiriman akan diberikan kepada setiap paket yang dihasilkan oleh penjualan. Pelanggan dapat menggunakan situs web pengirim untuk melacak status kemajuan paket dari perusahaan sampai pengirimannya hingga ke depan pintu rumah mereka. Jika perusahaan menggunakan waktu pengiriman “3 hingga 10 hari kerja” antara pembelian dan pengiriman yang tidak jelas, maka ia dapat menjadi satu rintangan bagi penjualan B2C. Dengan akses ke situs web pengirim, pelanggan akan dapat memiliki lebih banyak informasi dan kendali atas pengiriman. Pelacakan secara online dapat membuat penjualan B2C menjadi lebih menarik.
Penjualan Maya Versus Campuran
          Penjualan Maya (virtual sales) adalah penjualan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang tidak mengoperasikan tempat berjualan fisik.Dengan penjualan maya, tidak ada toko di mana pelanggan dapat masuk dan membeli produk.Penjualan campuran (hybrid sales) terjadi ketika perusahaan memiliki tempat berjualan secara fisik dan situs web di mana pelanggan dapat membeli produk. Kedua strategi penjualan eceran ini perlu menginformasikan biaya dan fitur produk kepada pelanggan, dan menghasilkan pengiriman produk.
          Satu kesulitan yang dihadapi oleh perusahaan yang yang menawarkan penjualan maya adalah memberikan informasi produk yang dibutuhkan tanpa membingungkan pelanggan. Kendala lainnya adalah bahwa gambar merupakan file yang berukuran besar, dan mengkomunikasikannya dari situs web ke computer pelanggan akan memakan waktu. Masalah ini dapat dikurangi dengan membatasi jumlah gambar yang ditampilkan sampai pelanggan telah memusatkan perhatian pencarian mereka pada pilihan yang relative sedikit.
          Penjualan maya paling sering dipergunakan ketika perusahaan tidak dapat membangun sebuah tempat berjualan fisik atau menemukan tempat berjualan fisik yang layak secara ekonomis.Penjualan campuran terkadang disebut sebagai operasi brick-and-click.Kebanyakan perusahaan memiliki tempat berjualan karena biasanya hal tersebut dibutuhkan untuk rencana bisnisnya.
Pemerintahan Elektronik
Pemerintah juga dapat mengambil manfaat dari e-commerce.Satu contoh adalah Polk Country di Florida.Kantor Pajak Polk Country menggunakan layanan online untuk melelang sertifikat pajak bumi dan bangunan pada tahun 2005.Polk Country memiliki lebih dari 23.000 persil property dengan pajak tertunggak pada tahun 2005.Dengan penjualan sertifikat secara online, 15.460 sertifikat dapat dilelang, memberikan lebih dari $12 juta bagi daerah. E-commerce dapat memberikan keuntungan bagi pemerintah sama halnya seperti organisasi public dan swasta.


LANGKAH E-COMMERCE BERIKUTNYA
Perdagangan Bergerak
Perdagangan bergerak (mobile commerce atau m-commerce) adalah penggunaan telepon seluler dan asisten digital pribadi (personal digital assistant-PDA) untuk melakukan e-commerce nirkabel.Seiring dengan berkembangnya teknologi telepon seluler dari generasi analog menjadi generasi digital, istilah telekomunikasi generasi ketiga (third generation-3G) telah secara longgar dipergunakan untuk teknologi-teknologi nirkabel mampu memindahkan data.
Aplikasi-aplikasi awal m-commerce meliputi layanan berita, transaksi/pengumuman informasi keuangan, dan perbankan.Pembelian tiket bioskop dan pembayaran parkir adalah dua aplikasi yang mulai diterima di Eropa dan Jepang.Penjualan eceran mengalami pertumbuhan yang lambat, tetapi nampaknya pembayaran m-commerce di restoran-restoran cepat saji mulai banyak diterima.
Nirkabel Berkelas Bisnis di Semua Tempat
Komunikasi nirkabel yang kecepatannya cukup memadai melalui penyedia jasa komunikasi yang sama dengan telepon seluler akan memungkinkan terciptanya komputasi nirkabel berkelas bisnis hampir di semua tempat.
Verizon menawarkan suatu rencana akses pita lebar (broadband) yang berjalan pada kecepatan mulai dari 400 hingga 700 kilobit per detik.Namun layanan ini tersedia di banyak wilayah metropolitan dan tidak terbatas hanya pada poin akses terdekat untuk suatu jaringan menggunakan kabel.
Kebebasan dan kecepatan seperti itu tidaklah gratis.Pertama, pengguna harus membeli kartu seluler untuk laptop mereka untuk mengakses sinyal komunikasi seluler.Kedua, tagihan akses jaringan bulanan dapat sebesar $80 per bulan atau lebih.

MENGGUNAKAN INTERNET
Awal mula Internet dapat ditarik balik hingga tahun 1969, ketika pemerintah AS membuat suatu jaringan yang disebut ARPANET. Usaha-usaha yang diawali di tahun 1989 mengarah pada apa yang kita kenal hari ini sebagai World Wide Web.
World Wide Web
World Wide Web, yang disebut pula sebagai Web dan WWW, adalah informasi yang dapat diakses melalui Internet di mana dokumen-dokumen hypermedia (file-file computer) disimpan dan kemudian diambil dengan cara-cara yang menggunakan metode penentuan alamat yang unik.
Internet akan memberikan arsitektur jaringan, dan Web akan memberikan metode untuk menyimpan dan mengambil dokumen-dokumennya. Internet adalah jaringan komunikasi global yang menghubungkan jutaan computer. World Wide Web adalah kumpulan computer yang bertindak sebagai server isi / kandungan yang menyimpan dokumen-dokumen yang diformat untuk memungkinkan dilihatnya teks, grafik, dan audio sekaligus juga memungkinkan dibuatnya link dengan dokumen-dokumen lain di dalam Web. Berikut adalah daftar beberapa istilah umum dalam WWW:
·         Situs Web. Sekumpulan halaman Web (biasanya terdapat pada satu computer) yang terhubung dengan Internet dan menyimpan file-file hypermedia yang dapat diakses dari computer lain di dalam jaringan melalui link hypertext.
·         Link Hypertext. Suatu petunjuk yang terdiri atas teks atau grafik yang digunakan untuk mengakses hypertext yang disimpan di semua alamat situs Web.
·         Halaman Web. Suatu file hypermedia yang tersimpan pada satu alamat situs Web yang unik.
·         Home Page. Halaman pertama suatu situs Web. Halaman-halaman situs yang lain akan dapat dijangkau dari home page.
·         Browser. Peranti lunak yang dirancang untuk menemukan dan membaca file-file di Internet yang ditulis dalam bahasa hyperteks (hypertext markup language – HTML)
·         Universal Resource Locator (URL). Alamat unik suatu situs Web.
·         Protocol. Sekumpulan standar yang mengatur komunikasi data. HTTP (hypertext transport protocol) adalah protocol untuk hypertext. Protocol umum Web lainnya adalah FTP (file transfer protocol). Di dalam suatu URL, nama protocol akan diikuti oleh tanda titik dua (:) dan dua garis miring (//).
·         Nama Domain. Alamat di situs Web di mana sebuah halaman Web disimpan.
·         Path. Suatu direktori/subdirektori dan file tertentu di situs Web. HTML (atau HTM) adalah akhiran untuk kode program yang mengacu pada file hypertext.
FILE TRANSFER PROTOCOL dengan file transfer protocol (FTP), para pengguna dapat meyalin file ke computer mereka dari semua situs Web.

CYBERSPACE DAN SUPERHIGHWAY INFORMASI
Istilah cyberspace diperkenalkan pada tahun 1984, ketika penulis William Gibson menggunakan dalam bukunya Neuromancer untuk menggambarkan suatu masyarakat yang telah menjadi budak teknologi.Kini, cyberspace berarti dunia Internet dan World Wide Web.
Istilah superhighway informasi biasanya digunakan untuk menggambarkan suatu kekuatan positif yang memberikan akses atau sejumlah informasi yang terdapat dalam masyarakat modern kita. Namun, para skeptic mengkhawatirkan bahwa superhighway informasi kan dieksploitasi oleh kalangan bisnis sebagai satu cara untuk memaksakan produk mereka pada masyarakat umum yang naïf dan tidak curiga dan bukan sebagai satu sarana untuk mengomunikasikan informasi yang bermanfaat.
Standar internet
Salah satu alasan utama mengapa internet dan Web telah diterima dengan tangan terbuka oleh para pengguna computer di seluruh dunia adalah karena keduanya bekerja sama sebagai satu sistem tunggal yang dapat digunakan dari platform computer apa pun.
Dua organisasi telah mengambil peran kepemimpinan dalam menciptakan standar-standar Internet dan Web.Masyarakat Internet dibentuk pada tahun 1992 untuk mempromosikan penggunaan Internet secara komersial dan telah mendelegasikan tanggung jawab mengenai standar-standar Internet kepada Internet Engineering Task Force – IETF.Sedangkan standar Web berasal dari World Wide Web Consortium (W3C).

APLIKASI BISNIS INTERNET
Secara sederhana, Internet dapat digunakan untuk setiap aplikasi bisnis yang melibatkan komunikasi data, termasuk komunikasi di dalam perusahaan maupun dengan lingkungan.Berbeda dengan jaringan standar, Internet dapat digunakan oleh semua jenis platform computer tanpa harus melakukan upaya khusus.Internet memungkinkan dikirimkannya beragam jenis media yang ditangani oleh banyak perusahaan melalui jaringan konvensional yang dimilikinya.

E-Commerce dan Manajemen Rantai Pasokan Rumah Sakit
Rumah sakit telah melakukan sebagian besar pembelian mereka secara online. Manfaat ekonomis dari pembelian online sebagai pengganti dari pembelian manual hanya berkisar 5 persen jika dibandingkan dengan keuntungan yang direalisasikan dari semakin kecilnya kesalahan pesanan pembelian, standardisasi produk yang lebih baik, membaiknya kepatuhan atas kontrak, dan kepentingan-kepentingan manajerial lainnya.
Rumah sakit dapat menggunakan suatu protocol standar seperti Internet untuk menggantikan EDI, yang membutuhkan sambungan yang terpisah di antara setiap vendor dan rumah sakit.Karena rumah sakit memiliki ratusan, bahkan terkadang ribuan vendor, penghematan yang terjadi bisa sangat substansial, apabila menggunakan Internet.
Kecepatan dan kemudahan sambungan ke vendor baru pada e-commerce adalah insentif yang kuat untuk perubahan. Akan tetapi, pengalaman dari Cape Fear Valley System yang telah dibantu membuat satu sambungan bursa perdagangan baru dengan satu vendor dalam waktu satu jam, menunjuk pada perubahan-perubahan manajerial yang penting. Pertama, dalam sistem sebelumnya pembeli cenderung membeli apa pun yang diinginkan oleh dokter dan pegawai klinik lain, tanpa melihat harganya. Tidak tersedia waktu untuk menganalisis permintaan pembelian dan menemukan pengganti yang lebih murah atau vendor yang lebih murah.Kecepatan dan efisiensi bursa perdagangan memungkinkan pembeli mencari alternative-alternatif lain yang lebih hemat biaya.Kedua, tinginya biaya untuk membuat EDI ($5,000 hingga $30,000) membuat vendor-vendor kecil tidak dapat melakukan e-commerce dengan rumah sakit-rumah sakit.

Aplikasi Ritel
Aplikasi bisnis Web yang paling dikenal masyarakat umum adalah ritel.Sebagian besar rantai ritel besar telah hadir di Web.JcPenney membuka situs Web-nya pada tahun 1994 menawarkan lebih dari 350 jenis barang.
Banyak peritel membuat home page mereka yang dapat secara langsung diakses melalui Web. Beberapa lebih memilih untuk bergabung dengan toko-toko lain di suatu situs gabungan yang disebut mal maya (virtual mall)dengan harapan bahwa satu nama mal akan lebih mudah untuk dikenali dan ditemukan daripada nama toko mereka masing-masing. Satu mal maya dapat mengambil pemandangan mal tradisional (yaitu kumpulan dari berbagai jenis toko).
Beberapa operasi ritel juga mengubah wajah informasi Web.Amazon.com (WWW.AMAZON.COM) telah berkembang dari hanya menjual buku menjadi menawarkan music, video, barang-barang elektronik, bahkan mainan, dan permainan.

SARAN-SARAN KEBERHASILAN PENGGUNAAN INTERNET
1.      Pastikan situs Web Anda Kuat
2.      Pastikan browser dan struktur basis data Anda fleksibel maupun intuitif.
3.      Menekankan isi
4.      Sering diperbarui
5.      Melihat di luar pelanggan
6.      Tujukan isi pada kebutuhan spesifik pengguna
7.      Menjadikan internet intuitif
8.      Berada di lokasi Web yang tepat
9.      Ciptakan rasa kebersamaan
1.  Carilah bantuan jika Anda membutuhkannya

DAMPAK INTERNET PADA BISNIS DI MASA MENDATANG
Para pengguna internet adalah satu kelompok yang beragam.Banyak masih berusia muda, namun yang berusia lebih tua (dengan lebih banyak penghasilan untuk dibelanjakan) memiliki dampak yang substansial pada ramalan ekonomi e-commerce.
e-commerce B2B nampaknya tidak berdampak pada pelanggan, tetapi harga yang lebih rendah dan layanan pelanggan yang lebih baik yang dimungkinkan oleh B2B adalah hal yang membuat organisasi bisnis kompetitif.
Jasa seluler 3G memungkinkan komputasi berkelas bisnis dilaksanakan di mana pun di kebanyakan wilayah metropolitan.Ia juga akan memungkinkan pelanggan dengan telepon 3G melakukan pembelian dengan menggunakan telepon mereka sebagai kartu debit atau kartu kredit. Bahkan telepon 4G yang lebih cepat telah diuji di Cina dan Jepang dan seharusnya akan tersedia tidak berapa lama lagi.

Komentar