TUGAS MAKALAH
“MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI
DALAM MENJALANKAN
PERDAGANGAN
ELEKTRONIK (E-COMMERCE)”
Mata Kuliah
Sistem Informasi Manajemen (CEKM-134)
Dosen
Ahmad Rifani, SE, MM
Disusun
oleh:
Nanda
Noorhidayah (C1B115067)
Nuur
Hafidzatus Saadah (C1B115074)
Risnawati (C1B115031)
Siti Syahrida Hasanah (C1B115032)
Risnawati (C1B115031)
Siti Syahrida Hasanah (C1B115032)
Widia
Astuti (C1B115081)
JURUSAN
MANAJEMEN
FAKULTAS
EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS
LAMBUNG MANGKURAT
BANJARMASIN
2018
Tujuan Pembelajaran :
Ø Mengetahui
arti penting dan keuntungan dari perdagangan elektronik.
Ø Memahami
bagaimana perdagangan elektronik saat ini sedang menyatu dengan proses bisnis
sehari-hari.
Ø Memahami
perbedaan antara perdagangan elektronik bisnis-ke-bisnis (business-to-business) dan perdagangan elektronik
bisnis-ke-konsumen (business-to-consumer).
Ø Mengenal
contoh-contoh perdagangan elektronik bisnis-ke-bisnis dan perdagangan
elektronik bisnis-ke-konsumen yang baik.
Ø Mengetahui
peranan yang dimainkan oleh sistem interorganisasional, Internet, World Wide
Web dalam perdagangan elektronik.
Ø Mengetahui
faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan sistem interorganisasional.
Ø Mengetahui
adanya perpindahan dari pertukaran data elektronik (electronic data interchange) ke berbagai praktik pertukaran data
standar Web.
Ø Mengerti
mengapa banyak perusahaan memilih untuk memiliki toko maya (virtual) maupun toko fisik.
PERDAGANGAN ELEKTRONIK
Pengertian
Perdagangan Elektronik
Perdagangan
elektronik, yang disebut juga e-commerce
adalah penggunaan jaringan komunikasi dan komputer untuk melaksanakan proses
bisnis. Beberapa orang mendefinisikan perdagangan elektronik dengan sangat
sempit, yang hanya meliputi transaksi-transaksi bisnis yang berhubungan dengan
pelanggan dan pemasok, yang menghubungkan komputer mereka masing-masing melalui
internet.Definisi yang sempit seperti ini mengartikan bahwa hanya
transaksi-transaksi yang melintasi batas perusahaan saja yang dapat
diklasifikasikan sebagai e-commerce.
Jika suatu transaksi tetap berada di dalam batas perusahaan, orang-orang ini
akan menyebutnya sebagai transaksi bisnis
elektronik.
Pandangan
luas e-commerce yaitu, bahwa dapat
memfasilitasi operasi internal maupun eksternal perusahaan. Dengan pandangan
ini, istilah bisnis elektronik dan
perdagangan elektronik akan sama. Banyak operasi perusahaan adalah
internal, dilaksanakan di dalam batas perusahaan oleh bidang bisnis keuangan,
sumber daya manusia, layanan informasi, produksi, pemasaran, dan lain-lain.
Dalam definisi luas ini, suatu transaksi bisnis yang menggunakan akses
jaringan, sistem berbasik komputer dan antarmuka (interface) sebuah browser Web
akan memenuhi persyaratan sebagai perdagangan
elektronik (e-commerce).
Perbedaan
antara E-commerce bisnis-ke-konsumen
dan E-commerce bisnis-ke-bisnis
E-commerce
bisnis-ke-konsumen (business-to-consumer-B2C)
mengacu pada transaksi–transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dan konsumen
akhir produk.Sedangkan e-commerce bisnis-ke-bisnis (business-to-business-B2B) mengacu pada transaksi antarbisnis di
mana tidak ada pihak yang menjadi konsumen akhir.
Transaksi
B2B melibatkan jumlah orang yang relative sedikit, biasanya mereka yang berada
di dalam kelompok layanan informasi dari perusahaan yang terpengaruh.
Orang-orang yang terlibat dalam transaksi B2B biasanya sangat terlatih dalam
penggunaan sistem informasi dan mengenal proses bisnis yang terpengaruh oleh
transaksi tersebut. Karena transaksi terjadi antarbisnis, jumlah transaksi B2B
dapat relatif kecil tetapi dengan nilai
yang cukup tinggi.
Transaksi
B2C membutuhkan perbedaan desain yang mendasar.Konsumen mungkin tidak memiliki
keahlian dalam bidang teknologi informasi, sehingga situs Web harus memberikan
intruksi dan bantuan.Jika konsumen berkomunikasi dengan bisnis melalui koneksi
telepon yang lambat, jumlah gambar yang ditampilkan mungkin perlu dikurangi.
Cara pembayaran perlu dibuat dalam sistem B2C (sistem B2B pada umumnya mendapatkan informasi pembayaran
dalam sistem yang terpisah dari sistem perdagangan elektronik).
Layanan
informasi memainkan peran penting dalam mengubah hubungan perusahaan dengan lingkungannya.
Dimasa lalu, konsumen bukan merupakan perhatian utama dari layanan informasi,
namun konsumen menjadi semakin penting artinya dan akan menjadi fokus utama
bagi sebagian besar perusahaan di masa mendatang. Seluruh antarmuka transaksi
dari konsumen hingga pemsok, pemerintah dan pihak lainnya terkena dampak dari
diterimanya e-commerce secara luas.
Manfaat-manfaat
yang Diharapkan dari E-Commerce
Perusahaan
melaksanakan e-commerce untuk dapat
mencapai perbaikan organisasi secara keseluruhan. Perbaikan-perbaikan ini
diharapkan merupakan hasil dari tiga manfaat utama :
·
Perbaikan layanan pelanggan sebelum,
selama, dan setelah penjualan
·
Perbaikan hubungan dengan pemasok dan
komunitas keuangan
·
Peningkatan imbal hasil ekonomis atas
pemegang saham dan investasi pemilik.
Manfaat-manfaat
diatas akan memberikan kontribusi pada stsbilitas keuangan perusahaan dan
memungkinkannya bersaing dengan lebih baik di dalam dunia bisnis yang semakin
luas menerapkan teknologi komputer.
Kendala-kendala E-Commerce
Ketika ditanyakan mengenai alasan
dari kehati-hatiannya, perusahaan menyebutkan tiga kendala dengan urutan
sebagai berikut :
·
Biaya yang tinggi
·
Kekhawatiran akan masalah keamanan
·
Peranti lunak yang belum mapan atau
belum tersedia.
Masing-masing
kendala di atas akan semakin tertantang seiring dengan semakin populernya
teknologi dan sistem informasi dan biaya sumber daya komputasi pada akhirnya
akan menurun.
Ruang Lingkup E-Commerce
E-commerce
bersifat dinamis dan ruang lingkup pengaruhnya dapat berubah dalam waktu
hanya beberapa bulan.E-commerce
emiliki arti penting khususnya bagi beberapa segmen tertentu.
Tabel di bawah ini menunjukkan beberapa
contoh yang menyoroti dampak e-commerce dalam bidang-bidang tertentu.
SEGMEN INDUSTRI
|
% E-COMMERCE DARI TOTAL PENJUALAN
|
|
2000
|
2003
|
|
Produksi Pakaian
|
20%
|
24%
|
Produksi Peralatan Transportasi
|
46%
|
50%
|
Distributor Kendaraan Bermotor
|
20%
|
25%
|
Distributor Obat-obatan
|
40%
|
49%
|
Ritel Perjalanan dan Reservasi
|
24%
|
25%
|
Sumber
:Biro Sensus AS (WWW.CENSUS.GOV)
Jalan Menuju E-Commerce
Rencana bisnis strategis akan
membakukan komitmen untuk menggunakan e-commerce
guna meraih keunggulan kompetitif. Perusahaan pertama-tama harus memperoleh
kecerdasan bisnis (business intelligence)
sehingga perusahaan tersebut akan dapat memahami peranan potensial yang
akan dimainkan oleh masing-masing unsure lingkungan.
INTELIGENSI BISNIS (BUSINESS INTELLIGENCE)
Melaksanakan e-commerce bukanlah suatu keputusan yang diambil tanpa pertama-tama
meraih pengetahuan terlebih dahulu tentang perusahaan dan hubungannya dengan
para pelanggan, pesaing, pemasok, dan pihak-pihak eksternal lainnya.Inteligensi
bisnis (business intelligence-BI) adalah
aktivitas pengumpulan informasi mengenai unsur-unsur di dalam lingkungan yang
berinteraksi dengan perusahaan.
Basis Data Eksternal
Perusahaan tidak harus mengumpulkan
informasi lingkungannya sendiri.Tersedia sejumlah basis data komersial penting
yang memberikan informasi mengenai hampir semua subjek. Perusahaan menggunakan
berbagai basis data untuk mendapatkan kecerdasan bisnis karena ia lebih cepat
dan lebih murah daripada meneliti beragam jenis sumber informasi.
Perusahaan
menjadi semakin condong untuk melakukan pencarian eksternal sendiri untuk
kecerdasan pasar.Pencarian eksternal telah dibantu oleh adanya fakta bahwa
semakin banyak perusahaan memberikan informasinya sendiri di Web. Mesin-mesin
pencari adalah cara yang paling popular bagi seseorang untuk mendapatkan
informasi yang tersedia di Web.
Mesin Pencari
Mesin pencari (search
engine) adalah suatu program computer khusus yang menanyakan
satu/sekelompok kata kepada pengguna untuk dicari.Program ini kemudian mencari
isi situs-situs Web di Internet untuk melihat apakah kata-kata tersebut
terdapat di situs Web.
Konsumen yang tertarik
dengan e-commerce B2C sering kali
memulai transaksi mereka dengan menggunakan mesin pencari untuk menemukan calon
vendor (penjual).
Contoh
situs-situs mesin pencari yaitu diantaranya, Yahoo! (WWW.YAHOO.COM),
Excite (WWW.EXCITE.COM),
Google (WWW.GOOGLE.COM).
Langkah
pertama menuju pencapaian e-commerce
adalah mendapatkan pemahaman mengenai lingkungan dimana perdagangan akan
dilaksanakan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara nonkomputer seperti survei,
pengamatan, percakapan informal, dan sebagainya. Namun, basis data computer
menjadikan pemindahan informasi dalam jumlah besar akan mungkin dilakukan
dengan cepat, mudah dan menyeluruh.
STRATEGI E-COMMERCE DAN SISTEM INTERORGANISASIONAL
Sistem
interorganisasional (interoganizational
system-IOS) adalah strategi dimana unsur-unsur yang ada dikaitkan dengan
transmisi data elektronik. Istilah yang sering digunakan untuk IOS adalah EDI yaitu electronic data interchange (pertukaran
data elektronik). EDI dianggap sebagai subkumpulan dari suatu sistem
interorganisasional.
SISTEM INTERORGANISASIONAL
E-commerce
merupakan suatu hal yang fundamental bagi sistem interorganisasional.
Pertukaran sejumlah besar data secara cepat dana man merupakan hal yang kritis
untuk mendukung transaksi-transaksi organisasi yang menggunakan teknologi
informasi untuk bersaing. Tanpa jaringan komunikasi dan kemampuan pemrosesan
computer, organisasi akan menjadi sebuah pulau produksi maya, dengan sedikit
kemampuan yang digunakan untuk jasa dan produk yang menciptakan vitalitasnya. E-commerce dan EDI adalah jalan bebas
hambatan bagi sistem interorganisasional.
Manfaat IOS
Sekutu dagang dapat
memasuki suatu kerja IOS dengan harapan akan dapat merealisasikan dua manfaat
penting: efisiensi komparatif dan kekuatan penawaran.
EFISIENSI KOMPARATIF Dengan bergabung dalam IOS, para sekutu dagang dapat memproduksi
barang dan jasa dengan tingkat efisiensi yang lebih tinggi dan, selanjutnya
memberikan barang dan jasa dengan biaya yang lebih rendah kepada para
pelanggannya.Hal ini memberikan sekutu di dalam IOS keunggulan harga di atas
para pesaingnya.
·
Efisiensi
internal terdiri atas perbaikan dalam operasi-operasi
perusahaan itu sendiri, sehingga memungkinkan perusahaan mengumpulkan dan
menganalisis data dengan cepat dan mengambil keputusan dengan cara yang lebih
cepat lagi.
·
Efisiensi
interorganisasional meliputi perbaikan-perbaikan yang
diperoleh melalui kerja sama dengan perusahaan-perusahaan lain. Perbaikan ini
memungkinkan perusahaan menawarkan lebih banyak produk dan jasa, melayani lebih
banyak pelanggan, memindahkan pekerjaan-pekerjaan tertentu kepada pemasok dan pelanggan,
dan mengumpulkan data lingkungan dengan lebih mudah.
KEKUATAN PENAWARAN Kemampuan sebuah perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan
para pemasok dan pelanggannya demi keuntungan perusahaan itu sendiri disebut
kekuatan penawaran (bargaining power).
Kekuatan ini berdasarkan tiga area dasar :
·
Fitur-fitur produk yang unik.
·
Menurunkan biaya-biaya yang berhubungan
dengan penelitian.
·
Mengingkatkan biaya perpindahan.
EDI
EDI terdiri atas
transmisi data langsung computer-ke-komputer dalam suatu format struktur yang
dapat dibaca oleh mesin.EDI adalah implementasi dominan dari suatu IOS.Lebih
dari dua pertiga e-commerce
dilaksanakan dengan menggunakan EDI jika dibandingkan dengan
alternatif-alternatif IOS lainnya.
Ekstranet
Ekstranet
(extranets)adalah
cara lain dari membuat IOS. Cara ini memungkinkan dibaginya informasi berbasis
computer yang sensitive dengan perusahaan lain dengan menggunakan teknologi
informasi yang pada umumnya dihubungkan dengan internet.
Ekstranet memungkinkan
jenis pertukaran data yang sama dengan EDI namun juga menerapkan
protocol-protokol umumdan jaringan komunikasi internet sehingga perusahaan
tidak perlu menggunakan peranti lunak dan peranti keras komunikasi yang lebih
mahal yang terkait dengan EDI.
Sekutu-sekutu Bisnis Proaktif dan
Reaktif
Ketika sebuah
perusahaan memutuskan untuk menerapkan IOS, perusahaan tersebut dapat
melakukannya dalam cara proaktif atau reaktif. Sponsor IOS pada umumnya
mengambil pendekatan proaktif, merangsang minat akan IOS dan mendorong
partisipasi di dalam jaringan. Para partisipan pada umumnya merespons dengan
cara yang reaktif, menerima atau menoak penawaran sponsor untuk menerapkan IOS.
Pengaruh Penerapan
Empat factor yang
menentukan apakah perusahaan akan mengambil langkah proaktif atau reaktif, yaitu
:
·
Tekanan
kompetitif. Ketika suatu perusahaan berada dalam
suatu posisi yang buruk terhadap para pesaingnya, perusahaan akan menerapkan
IOS, seperti EDI, dengan cara yang reaktif.
·
Penggunaan
kekuasaan. Ketika sebuah perusahaan dapat
memaksakan kekuasaanya atas anggota yang lain, ia akan proaktif dalam
menerapkan IOS.
·
Kebutuhan
internal. Keika perusahaan sadar bahwa partisipasi dalam IOS
merupakan salah satu cara untuk meningkatkan operasinya, perusahaan tersebut
akan melakukan pendekatan atas IOS dengan cara yang proaktif.
·
Dukungan
manajemen puncak. Tanpa meihat apakah perusahaan
bertindak dengan cara yang proaktif atau reaktif, dukungan manajemen puncak
selalu akan memengaruhi keputusan. Ketika manfaat-manfaat yang signifikan dari
IOS mengambil bentuk yang tidak berwujud, dukungan manajemen puncak menjadi
suatu hal yang sangat penting.
Manfaat-manfaat
Tidak Langsung IOS
Manfaat-manfaat
langsung dan tidak langsung IOS.
· Mengurangi kesalahan. Dengan
tidak adanya keharusan untuk memasukkan data yang masuk ke dalam system,
kesalahan entri data dapat dikurangi. Sebuah studi oleh EDI Group Ltd.
menemukan bahwa tingkat kesalahan dapat diturunkan dari 10 persen data yang
dimasukkan tanpa menggunakan EDI hingga 5 persen dengan menggunakan EDI.
· Menurunkan biaya. Penurunan
biaya dapat direalisasikan dengan menghilangkan pekerjaan-pekerjaan yang
berulang, menghilangkan dokumen kertas, dan mengurangi pekerjaan manual
penyebaran dokumen kertas di dalam organisasi. Biaya ekstranet jauh lebih kecil
jika dibandingkan dengan EDI, oleh karenanya, pengurangan biaya transaksi yang
dihasilkannya bahkan menjadi lebih besar lagi.
· Meningkatnya efisiensi operasional.
Manfaat
IOS bagi efisiensi internal dan interorganisasional sebagian besar dimungkinkan
oleh EDI dan ekstranet. Dengan mengganti dokumen kertas pada masing-masing
aliran dengan dokumen elektronik, memungkinkan terciptanya banyak kesempatan
untuk meningkatkan efisiensi.
· Meningkatnya kemampuan untuk
bersaing. Kombinasi antara turunnya biaya dan fitur-fitur
produk yang unik yang dimungkinkan oleh IOS, menjadikan para pesaing makin
sulit untuk menyamai produk-produk perusahaan dalam hal biaya dan jasa yang
ditawarkan.
· Memperbaiki hubungan dengan sekutu
dagang. Melalui penggabungan dalam suatu system formal
dengan sekutu dagang, maka secara alamiah akan timbul hubungan yang baik
sebagai - suatu produk sampingan dari
aktivitas bisnis. Semua partisipan akan sadar bahwa mereka bekerja untuk
mencapai tujuan yang sama dan memperoleh keuntungan bersama.
· Memperbaiki layanan pelanggan.
Kecepatan komunikasi elektronik memungkinkan perusahaan memberikan respons
lebih cepat untuk pesanan dan permintaan jasa pelanggan. Ketika digabungkan
dengan berkurangnya tingkat kesalahan dan kemudahan bagi pelanggan dalam
berbelanja produk, hasilnya adalah membaiknya layanan pelanggan.
STRATEGI
B2C UNTUK E-COMMERCE
Produk-produk
Digital
Satu
perbedaan utama antara pembelian produk-produk digital dengan produk-produk
fisik melalui web adalah bahwa produk digital dapat digunakan begitu selesai di
download. Perbedaan lainnya adalah bahwa produk itu sendiri akan berpindah ke
asset pembelinya. Sebagai contoh, music yang anda download harus di tempatkan
dalam satu file atau pada satu compact disk (CD) atau media penyimpanan
lainnya.Pelanggan, bukannya penjual, membayar media tersebut. Anda tidak akan
mengira harus membawa CD kosong ke sebuah toko music ketika anda membeli sebuah
album, tetapi anda akan membutuhkan CD kosong jika anda ingin memainkan music
yang anda beli melalui internet di audio mobil anda. Pembeli produk digital
menanggung biaya transaksi yang substansial dilihat dari segi biaya computer,
biaya koneksi online, media penyimpanan, dan seterusnya.
Produk-produk
Fisik
Barang-barang
fisik tidak dapat dikonsumsi melalui web; sebagai gantinya, harus dikirimkan ke
pelanggan.Perusahaan-perusahaan yang disebut perusahaan “katalog” telah
menghadapi masalah ini selama bertahun-tahun.Pesanan penjualan dapat diambil
alih oleh web, tapi pengiriman harus tetap dilakukan.
Sebagian
besar perusahaan jasa pengiriman popular menawarkan jasa yang melengkapi
aktivitas B2C sebuah perusahaan. Satu nomor pengiriman akan diberikan kepada
setiap paket yang dihasilkan oleh penjualan. Pelanggan dapat menggunakan situs
web pengirim untuk melacak status kemajuan paket dari perusahaan sampai
pengirimannya hingga ke depan pintu rumah mereka. Jika perusahaan menggunakan
waktu pengiriman “3 hingga 10 hari kerja” antara pembelian dan pengiriman yang
tidak jelas, maka ia dapat menjadi satu rintangan bagi penjualan B2C. Dengan
akses ke situs web pengirim, pelanggan akan dapat memiliki lebih banyak
informasi dan kendali atas pengiriman. Pelacakan secara online dapat membuat
penjualan B2C menjadi lebih menarik.
Penjualan Maya Versus Campuran
Penjualan
Maya (virtual sales) adalah penjualan yang dilakukan oleh
sebuah perusahaan yang tidak mengoperasikan tempat berjualan fisik.Dengan
penjualan maya, tidak ada toko di mana pelanggan dapat masuk dan membeli
produk.Penjualan campuran (hybrid sales)
terjadi ketika perusahaan memiliki tempat berjualan secara fisik dan situs
web di mana pelanggan dapat membeli produk. Kedua strategi penjualan eceran ini
perlu menginformasikan biaya dan fitur produk kepada pelanggan, dan
menghasilkan pengiriman produk.
Satu kesulitan yang dihadapi oleh
perusahaan yang yang menawarkan penjualan maya adalah memberikan informasi
produk yang dibutuhkan tanpa membingungkan pelanggan. Kendala lainnya adalah
bahwa gambar merupakan file yang berukuran besar, dan mengkomunikasikannya dari
situs web ke computer pelanggan akan memakan waktu. Masalah ini dapat dikurangi
dengan membatasi jumlah gambar yang ditampilkan sampai pelanggan telah
memusatkan perhatian pencarian mereka pada pilihan yang relative sedikit.
Penjualan maya paling sering
dipergunakan ketika perusahaan tidak dapat membangun sebuah tempat berjualan
fisik atau menemukan tempat berjualan fisik yang layak secara
ekonomis.Penjualan campuran terkadang disebut sebagai operasi
brick-and-click.Kebanyakan perusahaan memiliki tempat berjualan karena biasanya
hal tersebut dibutuhkan untuk rencana bisnisnya.
Pemerintahan Elektronik
Pemerintah
juga dapat mengambil manfaat dari e-commerce.Satu contoh adalah Polk Country di
Florida.Kantor Pajak Polk Country menggunakan layanan online untuk melelang
sertifikat pajak bumi dan bangunan pada tahun 2005.Polk Country memiliki lebih
dari 23.000 persil property dengan pajak tertunggak pada tahun 2005.Dengan
penjualan sertifikat secara online, 15.460 sertifikat dapat dilelang, memberikan
lebih dari $12 juta bagi daerah. E-commerce dapat memberikan keuntungan bagi
pemerintah sama halnya seperti organisasi public dan swasta.
Perdagangan Bergerak
Perdagangan bergerak
(mobile commerce atau m-commerce) adalah penggunaan
telepon seluler dan asisten digital pribadi (personal digital assistant-PDA)
untuk melakukan e-commerce nirkabel.Seiring dengan berkembangnya teknologi
telepon seluler dari generasi analog menjadi generasi digital, istilah telekomunikasi generasi ketiga (third
generation-3G) telah secara longgar dipergunakan untuk teknologi-teknologi
nirkabel mampu memindahkan data.
Aplikasi-aplikasi
awal m-commerce meliputi layanan berita, transaksi/pengumuman informasi
keuangan, dan perbankan.Pembelian tiket bioskop dan pembayaran parkir adalah
dua aplikasi yang mulai diterima di Eropa dan Jepang.Penjualan eceran mengalami
pertumbuhan yang lambat, tetapi nampaknya pembayaran m-commerce di
restoran-restoran cepat saji mulai banyak diterima.
Nirkabel
Berkelas Bisnis di Semua Tempat
Komunikasi nirkabel
yang kecepatannya cukup memadai melalui penyedia jasa komunikasi yang sama
dengan telepon seluler akan memungkinkan terciptanya komputasi nirkabel
berkelas bisnis hampir di semua tempat.
Verizon menawarkan suatu
rencana akses pita lebar (broadband) yang berjalan pada kecepatan mulai dari
400 hingga 700 kilobit per detik.Namun layanan ini tersedia di banyak wilayah
metropolitan dan tidak terbatas hanya pada poin akses terdekat untuk suatu
jaringan menggunakan kabel.
Kebebasan dan kecepatan
seperti itu tidaklah gratis.Pertama, pengguna harus membeli kartu seluler untuk
laptop mereka untuk mengakses sinyal komunikasi seluler.Kedua, tagihan akses
jaringan bulanan dapat sebesar $80 per bulan atau lebih.
MENGGUNAKAN
INTERNET
Awal mula Internet
dapat ditarik balik hingga tahun 1969, ketika pemerintah AS membuat suatu
jaringan yang disebut ARPANET. Usaha-usaha yang diawali di tahun 1989 mengarah
pada apa yang kita kenal hari ini sebagai World Wide Web.
World
Wide Web
World Wide Web, yang
disebut pula sebagai Web dan WWW, adalah informasi yang dapat diakses melalui
Internet di mana dokumen-dokumen hypermedia (file-file computer) disimpan dan
kemudian diambil dengan cara-cara yang menggunakan metode penentuan alamat yang
unik.
Internet akan
memberikan arsitektur jaringan, dan Web akan memberikan metode untuk menyimpan
dan mengambil dokumen-dokumennya. Internet adalah jaringan komunikasi global
yang menghubungkan jutaan computer. World Wide Web adalah kumpulan computer
yang bertindak sebagai server isi / kandungan yang menyimpan dokumen-dokumen
yang diformat untuk memungkinkan dilihatnya teks, grafik, dan audio sekaligus
juga memungkinkan dibuatnya link dengan dokumen-dokumen lain di dalam Web.
Berikut adalah daftar beberapa istilah umum dalam WWW:
·
Situs Web. Sekumpulan halaman Web
(biasanya terdapat pada satu computer) yang terhubung dengan Internet dan
menyimpan file-file hypermedia yang dapat diakses dari computer lain di dalam
jaringan melalui link hypertext.
·
Link Hypertext. Suatu petunjuk yang
terdiri atas teks atau grafik yang digunakan untuk mengakses hypertext yang
disimpan di semua alamat situs Web.
·
Halaman Web. Suatu file hypermedia yang
tersimpan pada satu alamat situs Web yang unik.
·
Home Page. Halaman pertama suatu situs
Web. Halaman-halaman situs yang lain akan dapat dijangkau dari home page.
·
Browser. Peranti lunak yang dirancang
untuk menemukan dan membaca file-file di Internet yang ditulis dalam bahasa
hyperteks (hypertext markup language – HTML)
·
Universal Resource Locator (URL). Alamat
unik suatu situs Web.
·
Protocol. Sekumpulan standar yang
mengatur komunikasi data. HTTP (hypertext transport protocol) adalah protocol
untuk hypertext. Protocol umum Web lainnya adalah FTP (file transfer protocol).
Di dalam suatu URL, nama protocol akan diikuti oleh tanda titik dua (:) dan dua
garis miring (//).
·
Nama Domain. Alamat di situs Web di mana
sebuah halaman Web disimpan.
·
Path. Suatu direktori/subdirektori dan
file tertentu di situs Web. HTML (atau HTM) adalah akhiran untuk kode program
yang mengacu pada file hypertext.
FILE
TRANSFER PROTOCOL dengan file transfer protocol (FTP),
para pengguna dapat meyalin file ke computer mereka dari semua situs Web.
CYBERSPACE
DAN SUPERHIGHWAY INFORMASI
Istilah cyberspace
diperkenalkan pada tahun 1984, ketika penulis William Gibson menggunakan dalam
bukunya Neuromancer untuk menggambarkan suatu masyarakat yang telah menjadi
budak teknologi.Kini, cyberspace berarti dunia Internet dan World Wide Web.
Istilah superhighway
informasi biasanya digunakan untuk menggambarkan suatu kekuatan positif yang
memberikan akses atau sejumlah informasi yang terdapat dalam masyarakat modern
kita. Namun, para skeptic mengkhawatirkan bahwa superhighway informasi kan
dieksploitasi oleh kalangan bisnis sebagai satu cara untuk memaksakan produk
mereka pada masyarakat umum yang naïf dan tidak curiga dan bukan sebagai satu
sarana untuk mengomunikasikan informasi yang bermanfaat.
Standar
internet
Salah satu alasan utama
mengapa internet dan Web telah diterima dengan tangan terbuka oleh para
pengguna computer di seluruh dunia adalah karena keduanya bekerja sama sebagai
satu sistem tunggal yang dapat digunakan dari platform computer apa pun.
Dua organisasi telah
mengambil peran kepemimpinan dalam menciptakan standar-standar Internet dan
Web.Masyarakat Internet dibentuk pada tahun 1992 untuk mempromosikan penggunaan
Internet secara komersial dan telah mendelegasikan tanggung jawab mengenai
standar-standar Internet kepada Internet Engineering Task Force –
IETF.Sedangkan standar Web berasal dari World Wide Web Consortium (W3C).
APLIKASI
BISNIS INTERNET
Secara sederhana,
Internet dapat digunakan untuk setiap aplikasi bisnis yang melibatkan
komunikasi data, termasuk komunikasi di dalam perusahaan maupun dengan
lingkungan.Berbeda dengan jaringan standar, Internet dapat digunakan oleh semua
jenis platform computer tanpa harus melakukan upaya khusus.Internet
memungkinkan dikirimkannya beragam jenis media yang ditangani oleh banyak
perusahaan melalui jaringan konvensional yang dimilikinya.
E-Commerce
dan Manajemen Rantai Pasokan Rumah Sakit
Rumah sakit telah
melakukan sebagian besar pembelian mereka secara online. Manfaat ekonomis dari
pembelian online sebagai pengganti dari pembelian manual hanya berkisar 5
persen jika dibandingkan dengan keuntungan yang direalisasikan dari semakin
kecilnya kesalahan pesanan pembelian, standardisasi produk yang lebih baik,
membaiknya kepatuhan atas kontrak, dan kepentingan-kepentingan manajerial
lainnya.
Rumah sakit dapat
menggunakan suatu protocol standar seperti Internet untuk menggantikan EDI,
yang membutuhkan sambungan yang terpisah di antara setiap vendor dan rumah
sakit.Karena rumah sakit memiliki ratusan, bahkan terkadang ribuan vendor,
penghematan yang terjadi bisa sangat substansial, apabila menggunakan Internet.
Kecepatan dan kemudahan
sambungan ke vendor baru pada e-commerce adalah insentif yang kuat untuk
perubahan. Akan tetapi, pengalaman dari Cape Fear Valley System yang telah dibantu
membuat satu sambungan bursa perdagangan baru dengan satu vendor dalam waktu
satu jam, menunjuk pada perubahan-perubahan manajerial yang penting. Pertama,
dalam sistem sebelumnya pembeli cenderung membeli apa pun yang diinginkan oleh
dokter dan pegawai klinik lain, tanpa melihat harganya. Tidak tersedia waktu
untuk menganalisis permintaan pembelian dan menemukan pengganti yang lebih
murah atau vendor yang lebih murah.Kecepatan dan efisiensi bursa perdagangan
memungkinkan pembeli mencari alternative-alternatif lain yang lebih hemat
biaya.Kedua, tinginya biaya untuk membuat EDI ($5,000 hingga $30,000) membuat
vendor-vendor kecil tidak dapat melakukan e-commerce dengan rumah sakit-rumah
sakit.
Aplikasi
Ritel
Aplikasi bisnis Web
yang paling dikenal masyarakat umum adalah ritel.Sebagian besar rantai ritel
besar telah hadir di Web.JcPenney membuka situs Web-nya pada tahun 1994
menawarkan lebih dari 350 jenis barang.
Banyak peritel membuat
home page mereka yang dapat secara langsung diakses melalui Web. Beberapa lebih
memilih untuk bergabung dengan toko-toko lain di suatu situs gabungan yang
disebut mal maya (virtual mall)dengan harapan bahwa satu nama mal akan lebih
mudah untuk dikenali dan ditemukan daripada nama toko mereka masing-masing.
Satu mal maya dapat mengambil pemandangan mal tradisional (yaitu kumpulan dari
berbagai jenis toko).
Beberapa operasi ritel
juga mengubah wajah informasi Web.Amazon.com (WWW.AMAZON.COM)
telah berkembang dari hanya menjual buku menjadi menawarkan music, video,
barang-barang elektronik, bahkan mainan, dan permainan.
SARAN-SARAN
KEBERHASILAN PENGGUNAAN INTERNET
1.
Pastikan situs Web Anda Kuat
2.
Pastikan browser dan struktur basis data
Anda fleksibel maupun intuitif.
3.
Menekankan isi
4.
Sering diperbarui
5.
Melihat di luar pelanggan
6.
Tujukan isi pada kebutuhan spesifik
pengguna
7.
Menjadikan internet intuitif
8.
Berada di lokasi Web yang tepat
9.
Ciptakan rasa kebersamaan
1.
Carilah bantuan jika Anda membutuhkannya
DAMPAK
INTERNET PADA BISNIS DI MASA MENDATANG
Para pengguna internet
adalah satu kelompok yang beragam.Banyak masih berusia muda, namun yang berusia
lebih tua (dengan lebih banyak penghasilan untuk dibelanjakan) memiliki dampak
yang substansial pada ramalan ekonomi e-commerce.
e-commerce B2B
nampaknya tidak berdampak pada pelanggan, tetapi harga yang lebih rendah dan
layanan pelanggan yang lebih baik yang dimungkinkan oleh B2B adalah hal yang
membuat organisasi bisnis kompetitif.
Jasa seluler 3G
memungkinkan komputasi berkelas bisnis dilaksanakan di mana pun di kebanyakan
wilayah metropolitan.Ia juga akan memungkinkan pelanggan dengan telepon 3G
melakukan pembelian dengan menggunakan telepon mereka sebagai kartu debit atau
kartu kredit. Bahkan telepon 4G yang lebih cepat telah diuji di Cina dan Jepang
dan seharusnya akan tersedia tidak berapa lama lagi.
Komentar
Posting Komentar